Sunday, August 13, 2017

3 penyakit langganan yang menyerang saat musim hujan!

Kesehatan adalah mahkota kita yang tidak terlihat, maka sudah kewajiban semua orang untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat ini di Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Musim penghujan yang biasanya dingin, lembab, basah dan banyak genangan air inilah yang terkadang membuat resah masyarakat karena bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Selain influenza, diare dan DBD, masih banyak lagi penyakit yang bisa menyerang kesehatan kita ketika musim hujan datang. Semua ini disebabkan karena bakteri dan penyakit dua kali lebih cepat perkembangbiakannya saat musim penghujan. Berikut adalah beberapa penyakit yang juga sering muncul ketika musim hujan beserta gejalanya.

1. Penyakit Kulit (Herpes)
Herpes adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh virus Varicella-Zoster. Biasanya penyebaran virus ini melalui hubungan langsung dengan penderita yang terkena Herpes. Contohnya hubungan seksual, infeksi dengan selaput lendir dan juga kulit yang terluka.

Gejala awalnya ditandai dengan demam, pilek atau influenza,timbul bintik-bintik berwarna merah kecoklatan terkadang isinya adalah cairan. Kemudian, pada bagian sendi akan terasa nyeri. Penyakit Herpes ini akan sembuh dengan sendirinya setelah tujuh hari. Tetapi, ada juga yang melakukan pemeriksaan ke dokter dan memberi vaksinasi pada tubuh untuk menambah kekebalan tubuh terhadap serangan virus Varicella Zoster.

2. Leptospirosis
Nama lainnya adalah penyakit kencing tikus, timbulnya penyakit Leptospirosis ini disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. yang ditularkan dari hewan ke manusia. Kurangnya ilmu pengetahuan masyarakat mengenai penyakit ini mempercepat penularan bakteri. Urine (air kencing) merupakan sumber utama penularan. Pasti semua orang sudah tahu saat banjir, air kencing tikus akan ikut terbawa dan dapat masuk ke tubuh manusia melalui permukaan kulit yang terluka, selaput lendir mata, dan hidung.

Gejala awalnya ditandai dengan influenza, nyeri tenggorokan kemudian batuk dan sakit kepala. Tahap selanjutnya kulit akan berubah kuning, nyeri otot betis dan lebih parahnya lagi bisa sampai hati, paru-paru, ginjal dan timbul pendarahan.

3. Cikungunya
Cikungunya adalah salah satu penyakit yang sudah ada sejak zaman dahulu, disebabkan oleh virus cikungunya yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti. Terutama pada musim penghujan yang intensitas genangan air menjadi semakin banyak. Tempat-tempat seperti inilah yang menjadi tempat pembiakan nyamuk dan penyakit lain.

Gejala dari cikungunya adalah demam mendadak, sakit kepala, menggigil, nyeri pada persendian dan otot, serta munculnya  ruam seperti kumpulan bintik kemerahan pada area kulit. Tetapi, biasanya nyeri sendi merupakan gejala yang paling menonjol.

Nah, itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang ketiga penyakit yang paling sering muncul saat musim hujan. Setelah Anda mengetahui gejala atau ciri ciri penyakitnya bukankah seharusnya Anda tergerak untuk segera berpartisipasi dalam gerakan 3M? Apa itu 3M? 3M yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat Selain itu, kesehatan selalu menjadi nomer satu, karena saat tubuh kita sehat penyakit tidak mudah untuk menyerang tubuh kita, begitu pula sebaliknya. Gerakan 3M akan menjadi sia-sia jika tidak dibarengi dengan menjaga kesehatan.
Hal tersebut dilakukan agar kita bisa meminimalisir timbulnya penyakit-penyakit yang bisa membahayakan kita dan orang yang kita sayangi. Mencegah atau menghindari tentu lebih baik dari pada mengobati kan?

No comments:

Post a Comment