Monday, May 6, 2019

Cara Ajarkan Anak untuk Terbiasa Berbagi dengan yang lain



Anak adalah anugerah terindah dalam hidup. Seorang anak yang sholeh atau sholehah bisa menolong kita di akhirat nanti. Itulah mengapa Anda harus menuntunnya agar menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Rajin beribadah dan taat agama.

Salah satu cara agar anak Anda menjadi anak yang sholeh/sholehah serta memiliki sifat penyayang dengan sesama adalah mengajarkannya untuk bisa terbiasa berbagi dengan orang lain. Bukankah di saat Anda mendapat rezeki, ada rezeki orang yang tidak mampu juga di dalamnya? Itulah mengapa Anda harus mengajarkan anak Anda sejak dini.

Ada beberapa Cara Mudah Biasakan Anak Gemar Berbagi. Anda harus pintar-pintar dalam menerapkannya pada anak, karena jika tidak diajarkan, anak Anda bisa menjadi anak yang pelit kemudian hari. Na’udzubillah.

Yuk langsung saja simak bersama:

1.      Mengajarkannya Sejak Usia Dini
Sebaiknya mengajarkan semua hal baik dimulai sejak usia dini, karena di usia ini anak akan lebih mudah untuk dibentuk dibanding saat dia sudah besar nanti.

Mulailah mengajarkanya untuk berbagi dengan sesama. Anda bisa mulai dengan hal yang sederhana, seperti memberikan makanan pada peliharaan, meminjamkan mainan pada temannya, dan juga memberi sedekah pada orang yang membutuhkan.

2.      Berbagi dengan Si Kecil
Saat si kecil mulai penasaran dengan berbagai benda di sekelilingnya, tentu barang-barang milik Anda dan suami turut menjadi incarannya. Contohnya, dia sudah mulai tertarik dengan lipstik Anda di meja, dia mengambil dan ingin bermain dengan lipstik Anda.

Daripada Anda mengatakan “jangan nak, tidak boleh buat mainan” lebih baik Anda menggunakan kata-kata yang lebih positif seperti “nak, itu bukan mainan adek mainan yang lain saja ya” sambil memberikannya mainan pengganti agar anak bisa lebih mengerti.

3.      Ikutlah Bermain dengan Anak Anda
Sudah seharusnya Anda mengawasi dan bila perlu ikutlah bermain dengan anak Anda. Selain bisa memantau keselamatannya, Anda juga bisa sambil mengajarkannya cara berbagi.

Anda bisa berpura-pura meminjam beberapa permainannya, “Adek, bunda boleh pinjam boneka kelincinya?” Jika anak mengiyakan, pinjamlah, tapi jika tidak jangan memaksa, Anda bisa mencobanya lagi. Ini akan mengajarkan cara berbagi dengan anak.


4.      Menawarkan Makanan dan juga Minuman
Cara keempat adalah mengajarkan anak Anda untuk menawarkan makanan dan minuman kepada orang lain. Saat ada acara kumpulan keluarga di lebaran yang akan datang, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk menawarkan minum pada kakek, nenek, atau saudaranya yang lain.

“Adek, boleh minta tolong tawarkan minum pada kakek? Sepertinya kakek merasa haus. Adek kan anak baik” Namun jika anak Anda menolak jangan memaksakannya. Anda bisa mencoba lagi di lain kesempatan.

5.      Saling Berbagi
Cara yang paling efektif adalah saling berbagi. Contohnya saat anak Anda makan bersama di meja makan, tawarkan kecap atau saus untuk melengkapi makanannya. Kemudian mintalah dengan baik untuk anak mengembalikan kecap tersebut. “Bunda sudah memberikannya padamu, sekarang bisa kembalikan botol kecapnya ke bunda?”

6.      Belajar Bersabar
Anda juga bisa mengajarkan anak berbagi dengan bermain di playground. Sebelumnya, Anda harus selalu mengingatkan anak agar tidak berebut mainan dengan anak lain. Ajarkan untuk bisa bersabar dan menunggu giliran saat bermain. Meskipun terlihat sepele namun hal ini akan berdampak besar di kemudian hari.
 
Jadi sebagai orangtua yang baik, mulailah mengajarkan anak konsep berbagi sejak dini. Ini akan memudahkan anak Anda dalam bersosialisasi, dan akan mendapat lebih banyak teman.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa pantau artikel yang selanjutnya ya, akan ada banyak informasi penting lainnya.


No comments:

Post a Comment