Wednesday, May 15, 2019

Selamat…Fitri, Jorji dan Ruselli mewakili Indonesia ke Olimpiade


Setelah berhasil melewati babak pertama pada turnamen bulutangkis Selandia Baru 2019, akhirnya wakil pada nomor tunggal putri dari Indonesia yaitu Fitriani, Gregoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan mendapat poin penuh untuk lolos ke Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Turnamen yang berhasil meraih kesuksesan gari tiga wakil Indonesia tersebut merupakan menjadi turnamen pembuka dalam pemburuan poin untuk tahap kualifikasi Olimpiade 2020. Dalam turnamen tersebut ketiga wakil dari Indonesia memang belum menghadapi lawan yang begitu berat, hal ini ditunjukkan dengan mereka berhasil lolos ke babak kedua.

Pada wakil pertama asal Indonesia, yakni Fitri dapat berhasil lolos setelah mengalahkan Louisa Ma yang merupakan wakil dari Australia. Dilalui dengan pertandingan yang sangat menarik dalam perebutan poin, dan berakhir dengan dua game skor 21-12 dan 21-12. Dengan hasil ini Fitri memperoleh bekal ke Olimpiade 2020.

Pertandingan yang lain, yang dilakukan oleh wakil kedua Indonesia yang lain yaitu Jordi tidak mengalami kesulitan dalam perebutan poin saat bertanding. Jorji berhasil menaklukan Zhang Yiman yang merupakan wakil asal Tiongkok. Jordi menuturkan saat pertandingan ia begitu menikmati setiap game, merasakan perlawanan yang berarti dari lawan dan perolehan poin yang cukup sengit. Pertandingan berakhir dengan skor 21-16 dan 21-12 untuk kemenangan Jorji.

Wakil ketiga yang berhasil lolos juga yaitu Ruselli. Setelah melawati pertandingan dengan perlawanan yang berarti dari Sally Fu wakil asal Selandia Baru, akhirnya Ruselli berhasil memenangkan dua game langsung dengan skor 21-5 dan 21-16. Modal yang baik untuk tampil kebabak berikutnya.

Setelah mereka sukses meraih kemenangan pada babak pertama, selanjutnya mereka harus lebih berjuang kembali pada babak kedua. Pasalnya lawan yang akan dihadapi oleh mereka mempunyai latar belakang yang cukup mumpuni di berbagai kancah turnamen internasional. Fitri pada babak kedua akan menghadapi wakil tangguh asal Jepang yakni Aya Ohori, sehingga Fitri perlu persiapan yang benar-benar matang. Wakil Indonesia yang lain, yakni Ruselli akan menghadapi Li Xuerui yang merupakan wakil asal Tiongkok. Sementara Jorji akan menghadapi wakil dari Tiongkok yakni Li Yuan.

Tiga wakil kebaanggan asal Indonesia yakni Fitri, Jorji dan Ruselli adalah nomor tungga putri cabang bulutangkis yang telah diberikan SK Prioritas dari PBSI agar bisa lolos tahap kualifikasi Olimpiade yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang tahun 2020. Dari ketiga nama tersebut hanya ada satu nama yang mempunyai rangking cukup baik yakni Jorji agar bisa dengan mudah lolos ke Olimpiade. Rangking dunia dari masing-masing mempunyai peran yang penting agar dapat tampil dikancah Internasional.

Hal tersebut dikarenakan Jorji berada pada peringkat 17 secara dunia, yang mana pada aturan Olimpiade menjelaskan bahwa untuk bisa tampil di turnamen tersebut setiap Negara dapat mengirimkan dua pemain dari nomor tunggal yang menduduki peringkat 16 dunia. Lain halnya dengan Fitri dan Ruselli yang masih berada pada masing-masing peringkat dunia yakni peringkat 30 dan 40 secara dunia.

Ketiga wakil kebanggan Indonesia harus dapat mempersiapkan dengan sebaik mungkin demi mencapai hasil yang maksimal. Setidaknya Jorji, Fiti dan Ruselli mempunyai waktu yakni kurang lebih setahun sebelum akhirnya babak kualifikasi ditutup. Hal tersebut menjadi dorongan tersendiri bagi ketiga wakil, agar bekerja keras demi memperbaiki peringkat demi mewakili Tanah Air dalam Olimpiade 2020 yang akan berlangsung di Tokyo, Jepang.

No comments:

Post a Comment